Thursday, October 6, 2022

6 Cara Promosi di TikTok Shop yang Bikin Jualan Laris

Pernah nggak sih kamu kepikiran “kok udah jualan di TikTok Shop tapi belum laku juga ya”. Nah, mungkin ada yang kamu lupakan nih yaitu strategi promosi. Makanya nih penjualan kamu belum ada yang laku. Eiittss… tapi tenang aja soalnya aku bakalan kasih tahu kamu nih cara promosi di TikTok Shop.

Supaya jualan kamu bisa laris manis tapi jangan lupa untuk punya akun khusus untuk jualan kamu ya. Kalau bisa nggak menggunakan akun pribadi kamu. Nah, kita langsung aja yuk kepenjelasan lebih lengkapnya ya.

Gunakan Fitur TikTok Ads

Tips pertama, kamu tahu nggak sih ternyata TikTok menyediakan juga fitur ads (iklan) nya loh untuk para penjual yang jualan di aplikasi mereka.

Makanya, penting banget nih buat kamu memanfaatkan fitur TikTok ads ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Ada beberapa yang perlu kamu pahami dulu mengenai jenis iklan di TikTok, diantaranya.

Brand Takeover, dimana iklan ini muncul ketika kamu baru saja membuka aplikasi TikTok dan tampilannya memenuhi layar.

In- Feed Video, kalau yang satu ini iklannya akan muncul di fyp saat kamu udah scroll dua hingga tiga video  dan yang membedakannya dengan jenis iklan sebelumnya adalah iklan ini dapat di sukai dan dikomentari.

Branded AR Content, iklan yang menggunakan filter atau stiker 2D/3D/AR dengan nama brand bisnis kamu sendiri.

Hashtag Challenge, pasti kamu udah nggak asing deh sama penggunaan hashtag di TikTok dan iklan ini bakalan cek nomor Smartfren muncul di halaman discovery. Tujuannya untuk mengajak audiens berpartisipasi dalam penggunaan hashtag tersebut.

Buat Konten Promosi yang Berkualitas

Ketika kamu ingin berjualan online terlebih di sosial media, konten promosi menjadi hal yang sangat penting tentunya.

Dengan membuat konten yang berkualitas pastinya akan menarik minat penonton untuk membeli produk kamu nih.

Coba bayangin kalau misalnya kamu membuat konten yang biasa saja dan nggak ada nilai lebih untuk pelanggan kamu, yang ada mereka tidak tertarik beli produkmu.

Mungkin konten yang bisa kamu lakukan adalah dengan berfokus pada produkmu. Contohnya gini, bisnismu berfokus berjualan pakaian.

Kamu dapat buat konten seperti mix and match menggunakan produkmu atau misal jualan alat kecantikan pun kamu bisa kasih tahu kelebihan dari produkmu.

Dengan begitu, kamu menampilkan keunggulan dari produk sekaligus memberikan value kepada audiens kamu.

Gabung TikTok Shop Affiliate

Sebelumnya kamu pernah dengar TikTok Shop Affiliate?

Jadi, TikTok Shop Affiliate adalah menghubungkan antara kreator dengan seller yang menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Dimana nanti kreator akan memasukkan link produk ke dalam konten videonya.

Saat ada pengguna yang mengklik link tersebut dan melakukan pembelian barang, maka kreator akan mendapatkan komisi dari program affiliate TikTok ini.

Strategi promosi affiliate yang disediakan oleh TikTok bisa kamu manfaatkan juga untuk mendapatkan pendapatan penjualan yang besar.

Tapi sebelumnya, kamu sebagai seller harus daftar menjadi affiliate dulu nih. Berikut ini cara daftar tiktok shop affiliate seller.

Pastikan kamu sudah memiliki akun TikTok Shop terlebih dahulu

Masuk ke akun seller di website TikTok Shop Seller

Berikutnya kamu kunjungi TikTok Shop affiliate

Pilih menu program lalu klik program toko

Selanjutnya tekan tombol buat

Tentukan jenis komisi dan persentase komisi yang akan kamu berikan

Lalu pilih send

Sekarang kamu sudah tergabung ke dalam program afiliasi di toko kamu.

Bekerja Sama Dengan Influencer

Pasti kamu sering banget nih temuin brand yang menggunakan jasa influencer untuk cek nomor Simpati review produk mereka dan biaya yang dikeluarkan untuk berkolaborasi dengan mereka tidak sedikit.

Maka dari itu, agar nggak salah pilih influencer, kamu mesti mempelajari audiens dari si influencer tersebut apakah cocok sama persona dari target kamu.

Oiya sama jangan lupa untuk ketahui juga fokus dari influencer kamu seperti apa, misal kamu jualan make up atau skincare maka pilih orang yang sering membuat konten tersebut.

Manfaatkan Fitur Stitch

Kalau kamu pengguna aplikasi TikTok, nggak asing lagi nih sama yang namanya fitur stitch. Dimana orang bisa menanggapi video orang lain dengan video lainnya.

Ternyata fitur satu ini bisa loh kamu manfaatkan juga sebagai cara promosi di TikTok shop kamu.

Mungkin udah ada beberapa brand juga yang menggunakan fitur stitch untuk memasarkan produknya nih.

Selain itu, kamu pun bisa membangun awareness para penggunanya sehingga mereka dapat mengenal brand bisnismu.

Jangan Lupa Gunakan Aplikasi Kelola Bisnis

Selain berfokus pada cara berjualan di TikTok Shop, jangan sampai kamu melupakan yang namanya operasional bisnis juga nih.

Gimana mau buat promosi kalau operasional bisnisnya masih berantakan, apalagi kalau orderan kamu udah banyak pasti bakalan kewalahan banget tuh.

Udah gitu kamu jualan bukan cuma di tiktok shop aja, masih ada channel penjualan lainnya seperti marketplace, instagram shop, bahkan website toko online.

Nah, maka dari itu kamu mesti pakai sistem yang memudahkan kamu mengurus operasional bisnis di semua channel penjualan.

Salah satunya yang udah terintegrasi ke channel penjualan adalah Jubelio Omnichannel.

Dengan platform Jubelio, kamu udah bisa upload produk sekaligus, proses orderan secara otomatis, kelola stok barang, sampai manajemen gudang juga bisa.

Dan semua operasional bisnis dapat kamu lakukan hanya dari satu dashboard aja.

Pengen langsung buktiin seberapa mudahnya urus jualan online dan offline? Tinggal klik tombol di bawah ini ya.

No comments:

Post a Comment

LED Videotron Senandung Cahaya yang Memukau

Videotron LED - Di tengah keriuhan zaman digital yang penuh gebrakan, strategi periklanan dan komunikasi terus bermetamorfosis, dan kemajua...